Minta APH Bertindak, Doni: Pemberitaan Anak Di Bawah Umur Merujuk Merusak Masa Depan

    Minta APH Bertindak, Doni: Pemberitaan Anak Di Bawah Umur Merujuk Merusak Masa Depan
    Pemberitaan Anak Di Bawah Umur Merujuk Merusak Masa Depan Bisa Di Penjara

    MESUJI – Adanya Pemberitan yang  merujuk kepada merusak masa depan anak penerus Kabupaten Mesuji Lampung membuat berbagai pihak angkat bicara, dari data yang dapat di himpun menerangkan. Bahwa, kejadian tersebut di tahun 2021 sekitar bulan Juni, perkara itu sudah damai kepada pihak yang menahan handphone, bahkan memberikan sejumblah uang untuk penebusan handphone yang di ambil oleh perekam video, agar tidak di sebar luaskan,

    Namun Faktanya, persoalan tersebut masih saja di sebarluaskan oleh Pelaku perekaman, bahkan beberapa media online (Reda)  juga menayangkan pemberitaan seolah penyebar  Video memiliki tujuan lain kepada Pelajar di bawah umur tersebut.

    Terkait Pemberitaan, di Kutip dari salah Satu Media online menerangkan bahwa pasal 19 ayat 1 undang-undang tentang SPPA mengandung ketentuan bahwa identitas anak sebagai pelaku, korban, serta saksi wajib dirahasiakan.

    Selanjutnya pada ayat 2, identitas anak yang dimaksud diperjelas menjadi nama anak pelaku, korban serta saksi, nama orang tua, alamat rumah, wajah, dan hal-hal lainnya yang mengungkapkan jati diri anak pelaku, korban, maupun saksi. Pelanggar UU ini bisa dipenjara paling lama 5 tahun dan didenda maksimal Rp500 juta, " ujar Doni Selaku Ketua Ikatan Jurnalis Kabupaten Mesuji.

    Doni juga menilai berita yang tidak sesuai aturan memberikan dampak pada anak baik sebagai pelaku, saksi, atau korban serta merusak nama baik Kabupaten Mesuji serta keluarga besar Kedua belah Pihak bahkan mencoreng dunia pendidikan, sedangkan mereka belum waktunya untuk dijadikan topik-topik berita karena anak di bawah umur masih pendidikan, ya bagi anak pelaku, ia menerima stigma negatif yang disandang seumur hidup sebab berita tentangnya dapat diakses oleh siapapun di media daring dan Youtube.

    Lajut Doni Lagi, Karena identitasnya sudah dikenali, pelaku anak pun berpotensi ditolak oleh lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sulit mengembangkan diri, apalagi mendapatkan pekerjaan atas pemberitaan itu anak korban beserta keluarga merasa tertekan dan malu mereka juga berpotensi mendapat ancaman dan intimidasi dari pihak pelaku yang bisa membahayakan keselamatan.

    Tentunya sebagai Jurnalis dalam menayangkan pemberitaan harus berpegang teguh pada empat pedoman, Empat peraturan tersebut antara lain Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, terlebih Persoalan Anak yang masih di bawah umur.  Pada Kasus ini, jika tedapat kesalahan fatal dalam Pemberitaan yang bersifat menjatuhkan nama seseorang (Anak Di Bawah Umur) kami minta minta APH (Aparat Penegak Hukum)  harus bertindak, " tegasnya.

    Terpisah, waka Kesiswaan SMA N 1 Simpang Pematang Agustin  Mengatakan’ adanya Pemberitaan Soal video pelajar tersebut pihaknya belum dapat memastikan apakah yang bersangkutan benar pelajar asal SMAN 1 atau bukan, karena persoalan ini Masih pada Proses Kordinasi ke berbagai pihak.

    Selanjutnya atas adanya permasalahan Tersebut, kami berharap  masalah ini tidaklah harus dipublikasikan mengingat kasus seperti itu dapat merusak  kondisi Psikis dan Mental anak tersebut, selain itu imbas dari kehebohan itu dapat menganggu kegiatan Belajar mengajar di sekolah, " tutupnya.(Adi/Tim)

    Mesuji Lampung
    Udin Komarudin

    Udin Komarudin

    Artikel Sebelumnya

    PJ Berhasil Diamankan Tekab 308 Bersama...

    Artikel Berikutnya

    DPD JNI Bagikan Nasi Kotak Kepada Ibu Lansia

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Udin Komarudin verified

    Agung Sugenta Inyuta

    Agung Sugenta Inyuta verified

    Postingan Bulan ini: 12

    Postingan Tahun ini: 58

    Registered: Sep 22, 2020

    Aftisar Putra

    Aftisar Putra verified

    Postingan Bulan ini: 8

    Postingan Tahun ini: 29

    Registered: Jul 21, 2020

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 5

    Postingan Tahun ini: 20

    Registered: Jul 16, 2020

    Bilwadi

    Bilwadi verified

    Postingan Bulan ini: 3

    Postingan Tahun ini: 14

    Registered: Nov 24, 2021

    Profle

    Udin Komarudin verified

    Qarira Garden Bumi Harapan Bakal Direnovasi
    Kodim 0426 Tulang Bawang Gotong Royong Bersama Masyarakat
    Dinas PMD Kabupaten Mesuji dan Camat Tanjung Raya Bungkam, Terkait Nota Palsu Pembelian Laptop Pemdes Gedung Mulya
    Buka Diklat Kader Pratama di PDI Perjuangan, Sutono: Pendidikan dan Pelatihan Bagi Kader Partai sangat Penting

    Follow Us

    Recommended Posts

    Di Duga Tidak Ada Perawatan Pasar Tradisional Milik Desa Gedung Ram Kumuh, Pedagang Pertanyatakan Dana Pasar
    Polres Mesuji Gelar Rakor Pencegahan Virus PMK Pada Hewan Ternak
    Zainal Bintang: Menyoal Etik Bernegara (Bag.-4)
    Zainal Bintang: Menyoal Etik Bernegara (Bag.-3)
    Selamatkan Hutan di Jawa, Rimbawan Perhutani Gelar Aksi Damai